Sabtu, 03 November 2018

Pengantar Pendidikan.


ARTIKEL MAHASISWA
ARTIKEL TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
TEMA : PENGANTAR PENDIDIKAN
TIM PENELITI
1.      Willy Reza Agustin           (1884202021)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA SEKOLAH TTINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN STKIP PGRI PACITAN


Pembukaan :


Puji syukur kehadirat allah swt.yang telah memberikan segala Nikmat,Taufik,dan Hidayah,Serta Inayahnya yang telah diberikan kepada kita sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat bersilahturahmi dalam media sosial dengan tanpa ada suatu halangan apapun.Amin YRA.

Sholawat teriring salam tetap tercurahkan kepada junjungan nabi agung Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti yang kits seperti saat ini.



Isi :


                      PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM


  • Istilah sistem berasal dari bahasa Yunani, SYSTEMA, yang artinya himpunan dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan suatu kesatuan.
  • Pendekatan sistem adalah cara berpikir       dan bekerja dengan menggunakan      konsep-konsep teori sistem.
  • Sistem didefinisikan sebagai suatu kesatuan dari berbagai elemen atau bagian-bagian yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai hasil yang diharapkan (Mudyahardjo, 1993)
  • Karakteristik Teori Sistem :
  • Keseluruhan bersifat primer, bagian-bagian bersifat sekunder.
  • Integrasi adalah kondisi saling hubungan antara bagian-bagian.
  • Bagian-bagian membentuk sebuah keseluruhan.
  • Bagian-bagian memainkan peranan mereka dalam kesatuannya untuk mencapai tujuan dari keseluruhan.
  • Karakteristik Sistem :
  • memiliki tujuan;
  • memiliki batas yang memisahkannya  dari lingkungannya;
  • memiliki sifat wholism (memiliki unsur/bagian/komponen yang saling berhu-       bungan/ketergantungan sebagai suatu keseluruhan);
  • ada proses transformasi, yaitu mengubah   masukan menjadi keluaran;
  • Memiliki sub sistem-sub sistem dan     berhubungan dengan supra sistem.




  1. Ditinjau berdasarkan asalnya :


  1. Sistem Alami
  2. Sistem buatan  manusia

  •   b. Ditinjau berdasarkan hubungannya    dengan lingkungan :

  1. Sistem terbuka
  2. Sistem tertutup




Sistem Pendidikan


Usaha pendidikan merupakan proses yang kompleks,  meliputi  berbagai  komponen yang saling berhubungan;

Bila usaha pendidikan hendak dilaksana-kan secara baik, maka berbagai kompo-nen dan saling hubungannya perlu dike-nali, dikaji dan dikembangkan sehingga mekanisme kerja antara komponen itu secara menyeluruh, yaitu kegiatan pendi-dikan, akan dapat membuahkan hasil yg optimal.



Unsur-unsur  Sistem Pendidikan


Proses pendidikan, khususnya pendidikan formal, pasti melibatkan peserta didik, pendidik, kurikulum, program pendidikan & pembelajaran, fasilitas-fasilitas belajar, dan tidak ketinggalan pengaruh dari lingkungan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik.






Tujuan Sistem Pendidikan Nasional


  • Meningkatkan pembinaan SDM menjadi individu mandiri
  • Meningkatkan taraf hidup
  • Meningkatkan peran individu sebagai pribadi, pegawai/karyawan, warga masyarakat, warga negara, dan makhluk Tuhan.


Unsur-unsur Sistem Pendidikan


Raw input : individu dg karakteristik tertentu yang akan mengalami proses pendidikan.

Instrumental input : segala sesuatu yang sengaja diadakan atau dirancang untuk keperluan pendidikan (kurikulum, program, pendidik, dst.);

Environmental input : berupa lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial;

Output : peserta didik yang telah mengikuti proses pendidikan dalam waktu tertentu dan telah mengalami perubahan tingkah laku dengan kualifikasi tertentu (tujuan pendidikan).



Pendekatan Sistem Dalam Pendidikan


Pendekatan Monodisipliner

    • Fragmented
    • Partial

Pendekatan Multidisipliner

    • Holistic
    • Systemic





                                     PENUTUP :


Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata,apabila terdapat bahasa yang kurang berkenan, sekian yang dapat saya sampaikan.Terima Kasih.






Tidak ada komentar: