Jumat, 16 November 2018

PENGANTAR PENDIDIKAN


Pengertian dan Unsur-unsur Pendidikan
PENDIDIKAN
Usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai- nilai dalam masyarakat dan kebudayaan
Usaha yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok orang lain agar
menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.
Pendidikan menurut Ahli
LANGENELD
Setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
JOHN DEWEY
Proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia
J.J. ROUSSEOU
Memberi kita perbekalan yang tida ada pada masa
kanak-kanak , akan tetapi kita membutuhkannya
pada waktu dewasa
DRIYAKARNA
Pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan
manusia muda ke taraf insani
Carter V. Good
   praktek,profesi para pelajar
  Ilmu yang sistematis atau pengajaran yang
berhubungan dengan prisnip dan metode metode
mengajar, pengawasan dan bimbingan murid
dalam arti luas digantikan dengan istilah
pendidikan
AHMAD D.MAULANA
Bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si
pendidik terhadap perkembangan jasmani dan
rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian
yang utama
Unsur-unsur pendidikan:
  Usaha (kegiatan), bersifat
bimbingan/pimpinan/pertolongan dan dilakukan
secara sadar
  Ada pendidik, pembimbing, penolong
  Ada yang didik atau terdidik
  Bimbingan itu mempunyai dasar dan tujuan
  Alat yang digunakan
KI HAJAR DEWANTARA
Menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
UU SISDIKNAS NO.20 TH.2003
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara
 Tujuan Pendidikan
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
2.PENDIDIK
1.orang yang memikul suatu kewajiban untuk memberikan pendidikan.
2.siapa mereka?
Yakni mereka guru,masyarakat,orang tua,siwswa itu sendiri.
kompetensi Pendidik
                                      1.Kompetensi pedagogik
                                      2.Kompetensi Kepribadian
                                      3.Kompetensi profesional
                                      4.Kompetensi sosial
a. Kompetenis Pedagogik
yakni kemampuan mengelola
pembelajaran peserta didik yang
meliputi pemahaman terhadap
peserta didik, perancangan dan
pelaksanaan pembelajaran, evaluasi
hasil belajar, dan pengembangan
peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi  yang dimilikinya.
b. Kompetensi Kepribadian
adalah kemampuan kepribadian yang
mantap, stabil, dewasa, arif, dan
berwibawa, menjadi teladan bagi
peserta didik, dan berakhlak mulia.
c.Kompetensi Profesional
 adalah kemampuan
penguasaan materi pembelajaran
secara luas dan mendalam yang
memungkinkannya membimbing
peserta didik memenuhi standar
kompetensi yang ditetapkan dalam
Standar Nasional Pendidikan.
4. Alat Pendidikan
Sarana Pendidikan:
Peralatan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususunya proses belajar mengajar.
Prasarana Pendidikan:
Fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran,
SUMBER:MATA KULIAH YANG DI AJARKAN.
“SEKIAN DAN TERIMA KASIH”

Tidak ada komentar: